Cara Merawat Merpati Balap yang Benar Khusus Pemula

Beragampengetahuan.com – Cara Merawat Merpati Balap – Merpati adalah jenis burung yang paling dekat hubungannya dengan manusia, baik untuk makanan maupun untuk olahraga balap. Merpati tidak memiliki suara yang merdu seperti burung penyanyi yang sering kita jumpai, seperti burung kormoran, lovebird, murai, atau burung-burung yang dilindungi vokal lainnya.

Dahulu merpati digunakan sebagai alat pos untuk mengantarkan surat. Karena merpati termasuk jenis burung yang relatif cerdas, ia memiliki naluri ilmiah, yaitu dapat kembali ke sarangnya meskipun ditinggal dalam waktu yang lama. Namun saat ini, memelihara merpati balap digunakan sebagai olahraga kompetitif.

Merpati dikenal sebagai salah satu burung yang paling setia dan karena mereka dapat mengenali pasangannya, dalam pertarungan, burung-burung tersebut berlomba untuk lebih cepat mendekati pasangannya dalam jarak tertentu. Lalu bagaimana cara merawat burung merpati balap yang benar, dan seperti apa ciri-ciri dan bentuk burung merpati balap. Lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Contents

Cara merawat burung merpati balap

Untuk memelihara burung merpati balap tidak bisa di bedakan dari dirinya sendiri untuk mendapatkan hasil yang baik dan dari asal pakan yang harus diberikan, perawatan harian, vitamin yang dibutuhkan burung merpati balap, perawatan burung merpati saat kawin, masa inkubasi dan waktu pengambilan telur.

Ciri-ciri merpati balap permanen

Jika Anda seorang pemula, ada baiknya untuk mengetahui sebelum Anda membeli. Jadi ketika berpikir untuk beternak merpati, Anda sudah memiliki orang tua yang berkualitas. Ciri-ciri merpati balap yang cantik dan berkualitas dapat dilihat dari penampilan fisik yang cantik dan bugar. Karena bentuk tubuh merpati balap yang ideal mendukung keberhasilan merpati ketika mengikuti kompetisi, serta kebiasaan umum yang dilatih oleh para pelatih.

Secara fisik burung merpati balap yang berkualitas memiliki faktor kebugaran yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih burung merpati balap yang berpenampilan menarik. Secara umum, Anda dapat mengukur kapan merpati mencapai waktu terbang tinggi dan rendah untuk mencapai kecepatan terbang maksimum. Ini lebih berkaitan dengan penggunaan latihan yang diberikan oleh pemilik.

Makanan merpati untuk berhati-hati

Cara merawat burung merpati balap selanjutnya adalah kecukupan pakan dan nutrisi. Oleh karena itu merpati menjadi dominan dan unggul dibandingkan merpati lainnya. Mulai dari mengerami telur setelah menetas hingga latihan atau kompetisi sesungguhnya di arena.

Suplemen untuk Merpati:

  • Kacang
  • Kacang hijau
  • beras merah
  • Nasi bertunas
  • Vitamin A
  • Vitamin B kompleks
  • Vitamin C dan
  • Merusak

Merpati juga membutuhkan nutrisi yang cukup. Terdapat 5 kandungan nutrisi yang lengkap di dalam pakan membuat merpati balap yang anda pelihara lebih baik dari yang lain.

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan nutrisi terpenting dalam perawatan merpati balap selama terbang, kawin dan untuk metabolisme serta aktivitas burung. Karbohidratnya banyak, ada yang dari beras merah, beras merah, dan beras ketan hitam yang masih ada kulitnya. Pati adalah jenis karbohidrat yang paling mudah dicerna oleh merpati persaingan tinggi.

Pati pada beras crosok dan beras merah rantai polimernya lurus, sedangkan pada beras ketan dan beras ketan hitam rantai polimernya terentang. Untuk polimer bercabang, dibutuhkan banyak air minum untuk dicampur.

Karbohidrat bekerja dalam tubuh sebagai glukosa dalam aliran darah. Glukosa yang masuk ke dalam sel tubuh kemudian diubah menjadi energi untuk terbang dan aktivitas burung lainnya.

2. Protein

Protein digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan serta perbaikan dan pemeliharaan sel-sel tubuh merpati balap. Tentu saja ada sel yang mati setiap hari dan protein bekerja dengan mengganti sel mati dengan sel baru yang lebih baik. Kacang-kacangan khususnya, seperti kacang hijau, mengandung protein tinggi.

3. Gemuk

Lemak pada merpati balap digunakan sebagai isolator agar suhu tubuh burung stabil. Lemak juga berperan sebagai penutup organ tubuh dari pengaruh luar. Lemak dapat digunakan sebagai cadangan energi merpati balap ketika cadangan karbohidrat tubuh merpati habis.

Selain itu, lemak juga digunakan untuk membuat hormon seks dan hormon lain yang dibutuhkan merpati balap. Misalnya jagung yang tinggi lemak, biasa disebut jagung kecil atau biasa disebut jagung madura.

4. Vitamin

Vitamin memainkan peran penting dalam perawatan merpati balap. Ada 2 jenis vitamin: vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C dan sebagian besar vitamin B, vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K.

Banyak vitamin ditemukan dalam buah-buahan dan hanya beberapa biji-bijian. Oleh karena itu, merpati balap membutuhkan vitamin tambahan seperti vitamin A, vitamin B kompleks, serta vitamin C, D, dan E.

5. Mineral

Selain unsur-unsur tersebut di atas, memelihara burung merpati balap sangat membutuhkan mineral. Mineral dibutuhkan oleh tubuh sprinter untuk metabolisme, fungsi otot, dan pemrosesan impuls saraf. Mineral terutama Ca (kalsium) sangat penting dalam pembentukan tulang dan respon otot merpati tinggi. Untuk merpati betina, mineral membuat cangkang telur lebih kuat.

Kalsium terdapat pada tulang ikan, siput, cangkang kepiting dan cangkang telur. Sangat sederhana dalam pendekatannya, cangkang kepiting atau cangkang telur ditumpuk di atas seng, kemudian dipanaskan di atas arang, sehingga bakteri dan cacing yang menempel mati, dan cangkang telur dapat dikocok. Mereka didistribusikan dan ditebar sebagai pakan untuk merpati yang lebih tinggi serta pasangannya.

Itu saja pembahasan cara merawat burung merpati balap yang bisa anda lakukan di rumah. Hanya dibutuhkan banyak kesederhanaan dan konsistensi untuk dapat mencetak merpati balap yang bagus. terima kasih…

Informasi Seputar Pengetahuan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *