Ciri-Ciri Badan Usaha Milik Negara Yang Mudah Dikenali

Bisabusiness – Badan Usaha Milik Negara atau disingkat BUMN adalah bisnis yang dimiliki dan dikendalikan oleh pemerintah pusat.

Total modal usaha ini berasal dari dana pemerintah dan setiap kegiatan di dalamnya harus diakui dan disetujui oleh pemerintah.

Apa ciri-ciri organisasi pemerintah? Presentasi lengkapnya menyusul.

Contents

Ciri-ciri Badan Usaha Milik Negara

Badan Usaha Milik Negara didirikan oleh pemerintah untuk menjalankan usaha atas nama pemerintah. Seringkali, badan usaha ini dianggap sebagai satu kesatuan atau bagian dari negara.

BUMN sebagai salah satu jenis badan usaha menempati posisi penting dalam perekonomian negara saat ini.

Tujuan dasar dari perusahaan publik adalah untuk menyediakan barang dan jasa kepada masyarakat dengan harga yang terjangkau. Fitur BUMN:-

1. Dimiliki/dikuasai sepenuhnya oleh pemerintah

Perusahaan-perusahaan di bawah BUMN dikelola, dikuasai dan dikendalikan langsung oleh pemerintah dan bukan oleh perorangan. Sektor swasta sama sekali tidak diperbolehkan memasuki jalur ini.

Misalnya, perkeretaapian, pertambangan batu bara, minyak bumi, dll semuanya berada di bawah kendali pemerintah dan sektor swasta dilarang masuk. Tujuan dari kuasa ini adalah untuk mencegah penyalahgunaan/penyalahgunaan dan menjaga stabilitas usaha.

2. Pembiayaan dari dana negara

Badan Usaha Milik Negara didirikan dan didanai baik seluruhnya maupun sebagian oleh pemerintah.

3. Pemerintah bertanggung jawab.

BUMN dimiliki langsung oleh pemerintah dan tanpa campur tangan pihak luar, artinya segala risiko yang mungkin terjadi menjadi tanggung jawab penuh pemerintah. Selain itu, dapat dikatakan bahwa nasib SOA sangat tergantung pada bagaimana mereka bekerja dan bagaimana perhatian pemerintah terhadap mereka.

4. Modal dan biaya besar

Mendirikan BUMN membutuhkan modal awal dan biaya operasional yang sangat besar, yang tidak dapat didukung dan diserap oleh industri swasta karena kurangnya kapasitas di bidang tersebut.

Misalnya, pembuatan kapal, kereta api, produksi energi, pertambangan, dll. Pemerintah memasuki bidang-bidang ini dan menjalankan bisnisnya sendiri untuk pembangunan ekonomi negara.

5. Saham BUMN yang diperdagangkan.

Meski SOA dikuasai sepenuhnya oleh pemerintah, namun sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, sehingga bisa dibeli oleh masyarakat yang berkewarganegaraan Indonesia. Namun, siapa pun yang ingin ikut membeli saham BUMN harus memiliki kepemilikan di bawah 50 persen.

Karena jika lebih dari 50 persen saham BUMN dimiliki oleh perseorangan atau perusahaan lain di luar pemerintah, maka penguasaan BUMN akan dialihkan kepada pihak tersebut, yang jelas tidak sesuai dengan konsep dasar BUMN.

6. Sumber pendapatan pemerintah

Karena semua modal SOI berasal dari negara dan dikelola langsung oleh pemerintah, semua keuntungan masuk ke kantong negara, yang direplikasi di bawah SOA melalui kegiatan bisnis di berbagai sektor.

Keuntungan BUMN juga digunakan untuk keperluan seperti membayar utang pemerintah, bantuan dana untuk yang membutuhkan, pendidikan gratis, biaya pengobatan gratis, gaji pegawai pemerintah, berbagai infrastruktur dan banyak lagi.

7. Administrasi terpusat

Berbagai departemen dan perusahaan di bawah BUMN berada di bawah kendali pemerintah melalui sistem manajemen terpusat untuk tujuan koordinasi dan penghematan biaya administrasi.

8. Memiliki tujuan layanan

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu tujuan dari setiap usaha atau organisasi/usaha adalah untuk mencari keuntungan/profit.

Tetapi tujuan utama BUMN bukan untuk mencari keuntungan tetapi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat dan untuk membangun situasi pembangunan industri negara.

Pengusaha swasta mendirikan usaha hanya bila ada keuntungan, sedangkan BUMN didirikan bila ada kemungkinan dapat bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan pemerintah.

Oleh karena itu, salah satu ciri organisasi pembangunan publik adalah memberikan pelayanan dan kebutuhan publik dengan harga yang terjangkau, seperti listrik, gas, batu bara, air bersih, telekomunikasi, transportasi, dan lain-lain, sehingga memungkinkan sektor swasta untuk menjual barang. / jasa dengan harga yang sama.

Selain itu, BUMN juga bertujuan untuk memanfaatkan sumber daya alam secara optimal untuk kepentingan pemerintah. Penggunaan yang baik ini dapat menghasilkan produk yang lebih baik dan lebih murah.

BUMN bukan satu-satunya perusahaan swasta yang dapat menggunakan sumber daya secara efektif karena perusahaan swasta tidak memiliki cukup uang untuk menggunakan sumber daya tersebut.

Lihat juga: Pengertian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Review Lengkap

Beberapa tujuan penting lainnya dari SOA adalah:

  • Memeriksa pembentukan monopoli

Ketika bisnis berada di tangan individu, ia mengembangkan posisi monopoli di bidang tertentu. Pemerintah berperan aktif dalam bisnis melalui BUMN untuk memantau pertumbuhan monopoli.

  • Memfasilitasi perkembangan industri

Pengusaha swasta berinvestasi dalam proyek yang menguntungkan, tetapi pemerintah ingin mengembangkan semua jenis industri terlepas dari keuntungannya. Jadi ada BUMN yang menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan.

Mendirikan BUMN akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat karena pemerintah akan masuk ke dunia usaha dan fokus utamanya adalah memberikan pelayanan. Pemerintah bersedia menjalankan usaha kecil yang menguntungkan asalkan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

  • Menciptakan lapangan kerja

Pemerintah mendirikan BUMN untuk menciptakan lapangan kerja di negaranya dan secara efektif mengatasi masalah pengangguran.

  • Melakukan produksi di area emosional tertentu

Di setiap negara, ada beberapa tempat di mana proses produksi harus dilakukan dengan sangat hati-hati atau diam-diam, misalnya di pertambangan. BUMN dapat menyediakan lebih banyak variasi alat produksi yang sesuai dengan situasi ini daripada LSM.

  • eksploitasi sumber daya alam

UK diperlukan untuk memanfaatkan sumber daya alam secara optimal ketika perusahaan swasta tidak dapat melakukannya karena kurangnya modal atau kurangnya kapasitas di bidang ini.

Selain itu, SOA dikendalikan untuk mengeksploitasi sumber daya alam agar sumber daya alam tidak mudah dieksploitasi oleh entitas lain untuk keuntungan besar.

  • Hindari pemusatan kekuatan ekonomi

Ketika sektor swasta diberi kebebasan, mereka membuat lebih banyak keuntungan dengan mengeksploitasi rakyat. Hal ini menyebabkan kekuatan ekonomi terkonsentrasi di tangan segelintir orang.

Situasi bisnis ini dihilangkan dengan berdirinya BUMN. Selain itu, SOA akan melakukan proyek bisnis di segala bidang yang mengarah pada pertumbuhan ekonomi yang seimbang.

9. Seimbang dalam hal permintaan dan pemenuhan produk

Produk atau jasa BUMN cenderung tetap demand dan supply karena produksinya dilakukan hanya sesuai kebutuhan. Tidak seperti kebanyakan perusahaan non-pemerintah, mereka menghasilkan berbagai macam produk dan mengalami kerugian karena tidak semuanya dijual.

10. Berguna untuk mengimplementasikan skema pemerintah

Rencana dan kebijakan pemerintah lebih baik dilaksanakan melalui perusahaan pemerintah. Membantu pemerintah mencapai tujuan kinerja, ketenagakerjaan, distribusi, dll.

11. Menurut hukum negara

BUMN didirikan/didirikan dan beroperasi sesuai dengan hukum dan peraturan negara masing-masing, termasuk yang terkait dengan tata kelola perusahaan, keuangan, kebijakan perusahaan, dan kesejahteraan karyawan.

Hati-Hati:: 10+ Cara Memulai Bisnis Konveksi yang Perlu Anda Ketahui

Anda dapat menggunakan ciri-ciri badan usaha milik negara pada daftar di atas untuk mengidentifikasi apakah suatu perusahaan dimiliki oleh pemerintah, swasta, atau pihak asing di Indonesia.

Informasi Seputar Pengetahuan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *