Jenis Kucing Persia Beserta Fakta dan Harga Tahun 2022

Beragampengetahuan.com – Jenis-Jenis Kucing Persia Beserta Fakta dan Harganya – Kucing Persia Asli memiliki banyak ciri fisik yang bisa dikenali. Kucing Persia sendiri terbagi menjadi empat jenis, yaitu Himalayan, medium, pesek, dan apex-nosed.

Meski dikenal dengan sifat lembutnya, kucing persia memiliki sisi lembut dan penyayang. Oleh karena itu, kucing jenis ini sangat digemari sebagai hewan peliharaan.

Kucing persia memiliki bulu yang panjang dan tebal, wajah bulat dan hidung yang mancung dan anggun. Secara umum, perilaku kucing persia mengarah pada ketenangan. Itu juga manja dan sering menempel pada pemiliknya.

Contents

Jenis kucing persia

1. Ras kucing persia asli

Ras kucing persia

Kucing persia yang pertama merupakan ras kucing persia murni tanpa persilangan dengan ras kucing lainnya. Trah Persia ini biasanya sangat mahal jika Anda ingin mengambilnya.

Harga kucing persia umur dua sampai tiga bulan yang sudah mendapatkan vaksinasi adalah Rp 7 juta sampai 8 juta. Mencapai 6.000.000.

Untuk kucing dewasa usia 6 bulan ke atas, harganya Rp 13.000.000 – Rp 16.000.000 untuk yang divaksinasi dan Rp 10.000.000 – Rp 11.000.000 untuk yang tidak divaksinasi.

2. Tipe sedang

Ras kucing persia

Berbeda dengan dua ras kucing Persia sebelumnya, ras medium ini memiliki hidung yang tidak lancip. Namun, bulu kucing persia ini sangat tebal di antara ras lainnya.

Rata-rata kucing persia memiliki kaki yang paling panjang diantara ras lainnya. Bentuk wajah kucing persia juga sedikit berbeda dengan kucing persia lainnya. Karena hidungnya yang mancung, bentuk pisang ini lebih tajam dibandingkan jenis lainnya.

Rata-rata kucing peliharaan persia terbagi menjadi dua kategori, yaitu bulu pendek dan bulu panjang. Perbedaan ini didasarkan pada panjang rambut.

3. Tipe hidung pesek

Ras kucing persia

Jenis kucing Persia yang terakhir adalah Peaknose. Kucing jenis ini memiliki hidung yang pesek di antara ras lainnya. Namun, kucing Persia Picnose ini merupakan kucing dengan harga jual paling tinggi diantara yang lainnya.

Ujung hidung kucing persia terbagi menjadi dua bagian, yaitu ujung hidung persia dan ujung hidung persia yang paling ujung. Perbedaan keduanya terdapat pada hidung. Jenis ujung hidung Persia memiliki hidung yang lancip, sedangkan ujung hidung yang ekstrim memiliki hidung yang lebih lancip.

4. Tipe Himalaya

Hidung kucing Persia Himalaya tidak terlalu rata dibandingkan dengan ras lain. Rambutnya panjang dan tebal. Ciri lainnya adalah tubuhnya yang besar dibandingkan dengan kucing Persia lainnya. Beratnya bisa dari 4 hingga 6 kg.

Kucing Persia Himalaya memiliki warna bulu yang bercorak pada bagian wajah, telinga, hidung, ekor dan jari kaki. Bagian yang tersegel ini biasanya berwarna gelap seperti coklat tua atau hitam. Bagian tubuh lainnya berwarna coklat muda atau putih.

Ada ciri lain yang bisa dilihat di bagian ekor. Ekor kucing Persia Himalaya tumbuh lebih panjang dan tebal. Kakinya pendek dan tidak suka melompat atau memanjat.

5. Tipe hidung pesek

Kucing persia pipih ini memiliki kebiasaan tidur tengkurap. Hidungnya kecil dan terlihat hampir setinggi mata. Ciri lain dari kucing persia ini adalah bentuk kepalanya yang kecil dan persegi. Dengan bentuk seperti itu, membuat pipi lebih berisi.

Dia memiliki rambut panjang dengan mata dan telinga kecil. Kucing Persia berhidung pendek lebih aktif dan suka melompat, memanjat, dan bermain dengan benda-benda di sekitarnya.

Fakta tentang kucing persia

1. Jenis kucing tertua di dunia

Ada banyak jenis kucing di dunia. Namun, kebanyakan dari mereka adalah kucing campuran. Sedangkan kucing persia merupakan ras murni tertua. Seperti namanya, kucing ini pertama kali ditemukan di Persia (sekarang Iran) dan dibawa ke Eropa pada tahun 1620-an. Hingga saat ini, kucing persia masih menjadi hewan peliharaan yang populer.

2. Pemenang kompetisi kucing pertama di dunia

Perlombaan kucing peliharaan pertama diadakan di Crystal Palace London pada tahun 1871. Acara ini menarik sekitar 20.000 pengunjung. Banyak ras khusus kucing seperti kucing anggora, kucing siam, kucing liar skotlandia, dan kucing persia ditampilkan dalam kompetisi ini. Setelah itu, seekor kucing Persia membawa emas tersebut dan disebut sebagai “yang terbaik dalam pandangan”.

3. Tidak semua wajah Pug

Kucing persia terkenal dengan wajahnya yang datar, tetapi Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kucing persia tidak selalu berwajah datar. Menurut Spruce, mereka tidak mengembangkan sifat unik ini sampai terjadi mutasi genetik pada anak kucing pada tahun 1950-an.

Saat kucing persia pipih pertama kali lahir, peternak menyukainya dan terus membiakkannya. Wajah ini dikenal di dunia sebagai kucing Persia. Namun, orang Persia sering mengalami masalah kesehatan seperti robekan, sesak napas, dan masalah makan.

4. Kucing persia tidak bisa melompat

Kucing persia adalah kucing yang pendiam, tapi pastinya tidak melompat seperti kucing lainnya. Ini karena tubuh yang kuat tidak efisien dan sebagian besar kakinya pendek.

5. Orang dari berbagai ras

Saat ini, persilangan antara satu ras kucing dan ras lainnya adalah hal yang umum. Jadi banyak spesies baru. Salah satunya adalah keturunan Persia. Ciri-ciri seperti bulu panjang, bentuk tubuh dan warna bulu mirip dengan kucing persia. Beberapa ras kucing Persia adalah Persia Himalaya, Persia Langka, dan Persia Tengah.

Ciri fisik kucing persia

Kucing persia merupakan jenis hewan yang sangat cocok. Maka jangan heran jika kucing persia menjadi kucing favorit untuk dipelihara.

Seperti ras kucing rumahan lainnya, perilaku kucing ras ini tenang dan stabil. Karena itu, kucing ini mudah dikendalikan. Berikut ciri-ciri fisik kucing persia.

1. Tubuh kucing persia

Ciri fisik dapat dilihat dari bentuk badan dan kepala. Kucing ini memiliki bentuk tubuh bulat dengan perawakan kekar dan dilindungi oleh bulu panjang dan tebal.

Dada dan bahu kucing terbuka lebar. Bagian belakang perut lebih rendah dari bagian depan. Kucing persia memiliki ekor panjang yang menjuntai ke belakang. Kaki kucing itu juga sangat pendek, tetapi tampak kuat.

2. Mata kucing persia

Kucing memiliki bentuk mata yang berbeda.
Bentuk matanya terlihat bulat, lebar dan ekspresif seperti ciri fisik kucing persia. Warna mata seringkali cocok dengan warna rambut.

Misalnya, orang Persia putih memiliki mata biru atau coklat tembaga, orang Persia perak dan emas memiliki mata hijau atau biru kehijauan, dll. Pada beberapa kucing, mereka dapat memiliki mata heterochromatic yang sangat unik yaitu warna mata yang berbeda antara kiri dan kanan.

3. Kepala

Kucing persia memiliki bentuk kepala yang besar dan bulat. Diameternya akan lebih besar dari kepala kucing lainnya. Rahang kucing sangat kuat, dengan tulang pipi yang minim.

Dahi, hidung dan dagu lurus dengan leher tebal dan pendek. Telinga kucing persia berukuran kecil dan lembut serta bulat dan cenderung maju.

4. Bulu

Salah satu ciri fisik kucing persia adalah bulunya yang tebal dan panjang. Panjang bulunya 5-10 cm yang membuat kucing persia cantik dan anggun.

5. Warna

Kucing persia memiliki banyak warna bulu yang diinginkan. Diantaranya adalah putih, merah, krem, hitam, biru, coklat, perak, emas, calico dan masih banyak lagi. Warna bulu kucing persia bisa bening atau terdiri dari beberapa warna dengan pola yang berbeda.

Daftar harga kucing persia terbaru 2022

Dilihat dari berbagai sumber, berikut adalah rincian harga kucing persia di pasaran.

Agak Harga
Harga rata-rata anak kucing Persia Rp 250.000
Harga kucing Persia Damaskus medium Rp 2.399.000
Harga kucing persia medium calico Rp 1.200.000
Harga persia wanita medium Rp 1.100.000
Harga Persia Betina Flatnose umur 2 bulan Rp 1.300.000
Harga menengah Persia Kit rambut pendek Pria Rp 850.000
Harga menengah Persia Rp 750.000
Harga kucing coklat persia betina Rp 1.750.000
Harga seorang gadis Persia paruh baya Rp400.000
Harga anak persia medium jantan Rp400.000

Faktor yang mempengaruhi harga kucing persia

1. Kesehatan

Alasan yang mempengaruhi harga kucing ini adalah kesehatannya. Ini sangat penting, karena jika seseorang membeli kucing dalam kondisi kesehatan yang buruk, harganya pasti akan lebih murah. Apalagi harga obat itu mahal.

2. Umur

Alasan kedua adalah usia kucing. Anak kucing pasti akan menjual lebih murah dari induk kucing.

3. Vaksinasi

Alasan selanjutnya adalah waktu vaksinasi kucing persia. Vaksinasi yang diberikan pada hewan sangat penting dan dapat menentukan tingkat kesehatannya.

4. Keturunan atau leluhur

Ada banyak ras kucing yang harganya sangat mahal. Sementara itu, harga kucing yang tergolong tinggi antara lain persilangan Angora dan Persia.

Berikut ulasan singkat tentang jenis-jenis kucing persia beserta fakta dan nilainya. Semoga menambah ilmu bagi para pembaca dan pengetahuan bagi yang ingin membeli kucing persia. terima kasih.

Informasi Seputar Pengetahuan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *