10 Makanan Khas Kediri Terfavorit – Beragampengetahuan.com

Kediri adalah hidangan umum Kadiri adalah sebuah kota di Jawa Timur. Kediri merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang.

Hidangan khas Khedri

Terletak 130 km barat daya Surabaya, kota ini dikenal dengan produksi gula dan industri rokok terbesar di Indonesia.

Kadiri juga dikenal sebagai kota ternyaman dan memiliki banyak sumber daya alam, religi, dan pangan. Wisata di kota Kediri terdiri dari wisata alam, sejarah, keluarga, religi dan kuliner.

Jika kebetulan sedang berada di kota yang kini berjuluk kota tahu ini, jangan lupa untuk berwisata kuliner mencicipi kuliner khas Kediri yang enak dan bikin ketagihan.

Berikut ini kami telah menyusun daftar kuliner khas kota Kediri yang paling terkenal yang bisa Anda coba. Namun, ada banyak masakan Khedri tradisional yang enak dan wajib Anda coba. Contohnya termasuk resep berikut:

1. Soto dari Dir

Soto Kedry

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sotonya sendiri, tidak terkecuali Kediri. Soto Khedri umumnya mirip dengan soto ayam. Namun, rasanya lebih manis karena masakannya menggunakan santan.

2. Getuk pisang

Hidangan khas Khedri

Seperti namanya, jajanan khas Khedri ini terbuat dari buah pisang. Bentuknya memanjang seperti lontong. Rasanya manis, asam dan pas.

3. Pecel Tumpang Tindih

Pexels yang tumpang tindih

Seperti daerah lain di Jawa Timur, Kediri juga terkenal dengan kulinernya. Nasi peas biasanya disajikan di atas daun pisang saat nasi masih panas.

Kemudian berbagai sayuran segar disajikan di atasnya, dengan saus peterseli dan saus berlapis. Yang membuat Pecel Kediri spesial adalah sambalnya yang berlapis-lapis.

4. Tahu takwa

Tahu ibadah

Dikenal sebagai kota tahu, tak heran jika banyak resep berbahan dasar tahu di Kediri. Salah satunya mengenal takut akan Tuhan.

Tahu ini sudah menjadi makanan khas Kediri sejak tahun 1912. Tahu Takwa memiliki rasa dan aroma yang nikmat. Kulit tahunya akan enak saat digoreng.

5. Sate Bekicot

instagram.com/infokediri

Bagi sebagian orang, siput mungkin terlihat aneh dan tidak biasa. Namun di Khedri, resep ini harus menjadi pengalaman selera Anda.

Sata ini terbuat dari daging bekicot. Anda bisa menemukannya di Desa Jengkol di Kecamatan Plosoklaten. Selain sate, Anda juga bisa menyantap olahan bekicot lainnya seperti tumisan dan keripik bekicot.

6. Ketahui POO

instagram.com/e_ndro

Selain kue tahu, ada juga dessert yang tidak kalah menggoda, yaitu tofu POO. Bedanya dengan tahu ini adalah saat digoreng, bagian tengahnya mengembang atau berlubang.

7. Sate Emprit

instagram.com/oliviara168

Selain sate bekicot, khedri terkenal dengan sate emprit. Sata ini terbuat dari daging burung emprit. Sebelum dipanggang, daging cincang diberi air yang dicampur dengan asam jawa, gula merah dan bawang putih sebagai penambah rasa.

8. Tahu tongkat

tokopedia.com/krupukstore

Resep berbahan dasar tahu lainnya adalah stik tahu. Jajanan ini diolah dengan cara tradisional dan dengan bumbu alami. Tahu stik ini memiliki rasa yang nikmat dengan tekstur yang renyah. Dijamin ketagihan!

9. Nasi goreng arang

Travelingyuk.com

Selain susu, ada juga nasi goreng spesial yang enak. Nasi goreng arang. Ini adalah nasi goreng yang menggunakan arang dan tanpa bumbu.

Sebagai gantinya bumbu yang digunakan adalah aneka rempah, kecap dan garam. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung.

10.Karang Mas

Hidangan khas Kediri lainnya adalah karang mas. Jajanan ini terbuat dari ubi jalar. Karang mas memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang renyah.

Nah itulah 10 makanan khas Kediri yang bisa menjadi tips kuliner saat singgah atau menikmatinya di sana.



Informasi Seputar Pengetahuan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *