7 Manfaat Cabe Rawit Ungu Bagi Kesehatan – Beragampengetahuan.com

Beragampengetahuan.com – Manfaat Cabe Ungu – Cabe atau cabai merupakan tanaman yang termasuk dalam genus Capsicum. Cabai adalah bumbu masakan yang sangat populer di Indonesia dan harus ditemukan di banyak masakan tradisional. Tentu kita mengenal dua jenis cabai yaitu cabai merah besar dan cabai rawit. Baru-baru ini muncul jenis cabai baru yaitu cabai ungu atau biasa dikenal dengan cabai jepang.

Keistimewaan cabai ini adalah warnanya yang ungu. Warna ungu disebabkan kandungan antosianin yang besar. Zat ini berperan sebagai antioksidan dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, mencegah aterosklerosis.

Sari cabai ungu

Ini mengandung vitamin C

Paprika ungu mengandung vitamin C yang tinggi dibandingkan dengan buah-buahan seperti jeruk, semangka, dan mangga.

Ini mengandung capsaicin

Capsaicin adalah senyawa yang terdapat pada cabai atau bumbu kuliner lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa rasa pedas yang muncul saat menggunakan cabai berasal dari bahan ini yaitu capsaicin.

Mengandung antioksidan

Antioksidan yang ada pada cabai ungu membantu membersihkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat kesehatan dari Cabai Ungu

#1. Peningkatan nafsu makan

Rasa pedasnya saat makan cabai membuat sebagian orang ketagihan. Selain itu, cabai membuat masakan menjadi lebih nikmat. Rasa yang enak inilah yang membuat orang selalu ingin nambah lagi dan lagi.

#2. Menyembuhkan luka

Kandungan vitamin C dan betakaroten pada cabai ungu tidak kalah dengan buah-buahan seperti jeruk, semangka, dan mangga. Vitamin C juga bekerja dalam penyembuhan luka terbuka pada umumnya. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu mengeringkan cabai ungu, lalu menggilingnya hingga menjadi bubuk. Kemudian semprotkan pada area yang terkena.

#3. Mencegah aterosklerosis

Aterosklerosis adalah penyempitan dan penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Penumpukan plak disebabkan oleh lapisan sel di dinding bagian dalam pembuluh darah (endotelium), yang bertanggung jawab untuk menjaga kelancaran aliran darah.

Kandungan capsaicin pada paprika merah dapat mengurangi jumlah lemak yang menumpuk di pembuluh darah. Penumpukan lemak di pembuluh darah yang dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan masalah pendarahan. Konsumsi rutin cabai ungu mengurangi risiko pembekuan darah akibat aterosklerosis.

#4. Perlindungan terhadap radikal bebas dalam tubuh

Capsaicin, zat yang ditemukan dalam paprika merah, bertindak sebagai antioksidan. Dilansir dari Hello Sehat.com. Fungsi utama antioksidan adalah menyumbangkan elektron ke elektron yang tidak berpasangan dalam molekul radikal bebas, mencegah radikal bebas ini melepaskan elektron dari sel tubuh yang sehat.

Yang unik dari cara kerja antioksidan adalah setelah mendonorkan elektron, antioksidan tidak berubah menjadi radikal bebas seperti sel lain mendonorkan elektron. Oleh karena itu kerja antioksidan sebagai penetralisir sifat reaktif dari molekul radikal bebas.

Singkatnya, antioksidan berperan sebagai penyedot debu dalam tubuh manusia, membersihkan tubuh dari kotoran dan menjaga kesehatan tubuh.

#5. Ini meningkatkan kekebalan tubuh

Konsumsi lada ungu secara teratur meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini karena paprika ungu mengandung zat antibakteri yang melindungi sistem imun tubuh dari serangan virus. Meningkatkan imunitas atau imunitas membuat tubuh Anda lebih tahan terhadap penyakit atau infeksi.

#6. Meredakan pilek dan hidung tersumbat

Kandungan capsaicin pada cabai ungu dapat mengencerkan lendir sehingga lendir yang tersumbat di rongga hidung menjadi cair dan keluar. Akibatnya, hidung tidak menutup. Ini bekerja pada sinusitis dan batuk berdahak.

#7. Hindari sakit kepala dan nyeri sendi

Pernahkah Anda mendengar nasihat jika sakit kepala, makan sesuatu yang pedas? Nasihat ini ada benarnya karena bumbu yang dihasilkan oleh capsaicin dapat menghambat aktivitas otak saat sinyal rasa sakit dikirim dari sistem saraf pusat. Memblokir aliran sinyal ini mengurangi rasa sakit. Cabai juga bermanfaat untuk meredakan migrain.

Itulah pembahasan mengenai manfaat cabai rawit ungu untuk kesehatan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca…

Informasi Seputar Pengetahuan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *