Agar Sehat, Inilah Cara Merawat Ikan Cupang Yang Tepat

dewi.com – Cara Merawat Ikan Cupang – Ikan Cupang (Betta) adalah ikan air tawar dari Asia Tenggara yaitu Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Vietnam. Ikan ini memiliki sifat teritorial, selalu melindungi wilayahnya dari binatang lain, ikan cupang lainnya. Dengan membuat gelembung di sekitar negara bagian untuk menunjukkan negara bagian. Di antara hobinya, ikan cupang dibagi menjadi 3 aliran, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

Ikan cupang merupakan ikan yang sangat tangguh, ikan ini dapat bertahan hidup di tempat yang sempit dimana airnya tidak memiliki sirkulasi udara (aerator). Pada dasarnya, dari ketiga jenis yang disebutkan di atas, cara merawatnya tidak jauh berbeda. Khusus untuk cupang hias, mirip dengan keindahan warnanya, akan sangat terlihat jika tidak sehat, bisa dilihat dari kecerahan warnanya. Biasanya jika tidak sehat, warnanya akan sedikit kusam atau kusam.

Contents

Merawat ikan cupang hias

Bagi anda yang baru membudidayakan ikan cupang, sangat penting untuk mengetahui cara merawat ikan cupang yang baik dan benar. Agar ikan hidup lebih lama dan setelah berolahraga untuk menikmati keindahan rumah, dan untuk merilekskan pikiran untuk menenangkan diri kembali;

Untuk merawat ikan cupang di rumah, hal-hal penting berikut harus diperhatikan:

Kualitas air

Cara Merawat Ikan Cupang Air merupakan hal yang penting, mengingat ikan cupang tidak bisa dibedakan dengan yang namanya air ya guys. Sama seperti manusia tidak bisa lepas dari oksigen atau udara di bumi ini, ikan juga tidak bisa lepas dari air.

Ada dua jenis air yang biasa digunakan:

1. Air PAM/PDAM

Jika Anda menggunakan air keran, Anda hanya perlu menyesuaikannya pada siang/malam pertama. Ini untuk menjaga kadar klorin dalam air pompa tetap rendah. Nah itu bisa digunakan untuk ikan beta.

2. Air sumur

Anda harus berterima kasih kepada semua orang yang menggunakan air sumur. Karena sebenarnya air sumur bisa langsung digunakan. Air sumur tidak memiliki kandungan klorin yang tinggi seperti air pompa. Pembudidaya ikan cupang biasanya menggunakan air sumur secara langsung tanpa menyimpannya semalaman.

Campuran air ikan cupang

Ada 3 bahan penting untuk dicampur dalam air:

daun ketapang

Daun ketapang sangat disukai oleh ikan cupang. Salah satu indikator kenyamanan ikan ini adalah adanya gelembung-gelembung atau gelembung-gelembung di permukaannya. Semakin banyak Anda memberikan daun ini, semakin nyaman ikannya. Daun ini dapat hancur jika pH air terlalu tinggi atau terlalu rendah. Daun tebal ditempatkan dalam wadah atau tangki ikan, lebih nyaman dan dapat menambah warna.

Namun jika terlalu kental, warna airnya akan menjadi coklat tua dan akan sedikit mengganggu Anda untuk menikmati keindahan ikan cupang. Karena itu, tidak perlu memberi banyak. Namun, ini pilihan, tentunya tanpa memberikan daun ketpan, ikan bisa sehat. Peternak menggunakan daun ini untuk mempercepat proses mutasi ikan beta.

Baca juga: 12 Jenis Ikan Koi yang Diproduksi di Indonesia

Garam

Garam sebagai pencegah ikan cupang terhadap penyakit jamur dan parasit. Anda bisa menggunakan garam apa saja seperti garam meja, garam kasar, garam ikan (sebaiknya). Garam dapat dengan mudah melindungi ikan dari stres.

Biru Obat (Metilen Biru)

Kerja obat biru mirip dengan garam, yaitu mencegah penyakit jamur pada ikan cupang.

Ganti air

Seringkali, ikan cupang tidak mati karena airnya jarang diganti. Dan seringkali orang yang menangkap ikan selalu diliputi rasa malas untuk mengganti air secara rutin. Untung airnya diganti setiap 3 hari sekali untuk yang menggunakan air sumur dan setiap 2 hari sekali untuk air pompa.

makanan

Makanan alami yang baik untuk ikan cupang adalah seperti makanan hidup.

  • Kutu air
  • Ulat sutra (hairworm)
  • cacing darah
  • Larva nyamuk

Tidak apa-apa untuk memberikan pelet kadang-kadang, tetapi hanya sebagai selingan dan bukan sebagai makanan utama. Ukuran pelet yang ideal untuk ikan cupang dewasa adalah 300-500 mikron atau 500-800 mikron.

Demikian pembahasan tentang cara merawat ikan cupang yang baik dan benar. Kami berharap dapat membantu pembaca yang mencari ikan beta. Halo Dewi….

Informasi Seputar Pengetahuan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *