Bromo Mountain Indonesia

visitesasia.travel – Gunung Bromo, Indonesia. Gunung Bromo konon berasal dari kata “Brahma”, salah satu Dewa Hindu dalam agama Hindu. Keindahan Gunung Bromo terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga di banyak negara. Gurun pasir, sabana, dan kawah gunung berapi adalah beberapa panorama utama Jawa Timur.

Contents

Menarik Gunung Bromo, Indonesia

Gunung Bromo, Indonesia

Keindahan ikon wisata Jawa Timur ini memang sudah dikenal hingga mancanegara. Gunung Bromo adalah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan provinsi Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolingo. Pesonanya membuat saya dan teman-teman ingin berkunjung.

Jika Anda ingin bepergian sendiri, Anda juga bisa menggunakan sepeda motor. Tempat pertama yang harus dikunjungi adalah sudut pandang di Penjakan 1. Titik pandang lainnya adalah Sruni Point, Bukit Cinta, Bukit Kingkong dan Puncak B29.

Matahari terbit di Penajakan

Matahari terbit di Penanjakan

Sekitar pukul 03:00 Anda akan melihat keindahan Gunung Bromo Indonesia dari atas. Meski masih gelap, Anda akan disuguhi gambar gunung yang bertabur awan berbintang. Sekedar tips, jika ingin menunggu matahari terbit di sini sebaiknya memakai jaket tebal, topi, sarung tangan, celana panjang dan sepatu karena cuacanya sangat dingin.

Semakin lama waktunya, semakin banyak pula pengunjung lokal maupun nasional yang datang ke tempat ini. Mereka memiliki tujuan yang sama dan menunggu matahari pagi terbit. Sekitar pukul 05.00, langit mulai berubah warna menjadi jingga keemasan. Cahaya itu keluar perlahan.

Di ketinggian 2.780 meter di atas permukaan laut, pemandangan yang sangat indah ditawarkan dari puncak Penanjakan. Gunung Bromo menyembunyikan kepulan asap yang membara dan tersembunyi di balik Gunung Sumeru yang menjulang tinggi di balik Gunung Batok. Gurun yang lebih rendah terbuka lebar untuk sinar matahari. Di tahun Gunung berapi yang meletus pada tahun 2004, 2010 dan 2011, ini dikelilingi lautan pasir yang luasnya kurang lebih 5.300 hektar. Inilah panorama utama keindahan Gunung Bromo di kawasan Taman Nasional Brom-Tenger-Semuru.

Kawah Gunung Bromo

Kawah Gunung Bromo

Selanjutnya adalah Gunung Bromo yang berdiri di ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Anda bisa naik tangga dengan jarak 1,5 km dari tempat parkir jeep. Jika Anda lelah berjalan kaki, persewaan kuda siap mengantar Anda. Jalanan penuh dengan debu dan pasir jadi memakai masker sangat dianjurkan.

Selama perjalanan, mereka akan melewati Pura Luhur Pote yang biasa disebut dengan upacara Yadya Kasada atau Kasado. Warga Tenger yang tersebar di beberapa desa perbukitan seperti Argosari, Ngadisari, Ngadas, Wonokhitri, Ranu Prani, Ledok Ombo dan Wonokerso memohon restu kepada Ida Sang Haying Widi Wasa dan penguasa Mahameru. Letaknya yang berada di tengah gurun pasir menjadikan candi ini sangat istimewa, menggunakan batu alam berwarna hitam dari gunung berapi terdekat sebagai bahan bangunannya. Selain itu, bukit pasir yang indah menunggu untuk dilintasi.

Anda harus menaiki 250 anak tangga untuk melihat tebing Gunung Bromo. Menurut legenda, tebing yang muncul dari letusan Gunung Tenger ini berdiameter 800 meter (utara-selatan) dan 600 meter (timur-barat). Gunung berapi itu begitu dalam sehingga sulit untuk mengetahui dengan pasti dari mana asap yang menyembur itu berasal. Selain batu karang yang mengesankan, pemandangan indah Pegunungan Tenger dan Gunung Batok yang membentuk punggungan curam juga dapat dilihat dari puncak ini.

pasir berisik gunung bromo

PASIR bisikan

Pantai pasir hitam yang luas dan indah di sisi timur Gunung Bromo adalah tujuan kami selanjutnya. Dikenal sebagai Pasir Berbisik, hamparan pasir membentang ke luar dalam pola linier yang indah. Dan jika kita menempelkan telinga kita ke pasir, kita bisa mendengar bisikan. Tempat ini menjadi populer sejak menjadi lokasi syuting film Sands of Whisper yang dibintangi Diane Sastrowardiano.

sabana gunung bromo indonesia

Savana Bromo

Destinasi selanjutnya adalah Sabana atau yang juga dikenal dengan Bukit Teletubbies. Situs ini terletak di sebelah selatan ngarai Gunung Bromo, hanya sekitar Jemplang, 10 km dari padang rumput. Tempat ini memiliki iklim sejuk yang sangat berbeda dengan suasana gurun pasir yang kering.

Gunung Bromo Indonesia adalah pemandangan yang sempurna dan lengkap dari matahari terbit yang indah, gunung kawah Bromo, padang pasir dan kemegahan padang rumput.

Informasi Seputar Pengetahuan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *