Tips: Cara Memulai Bisnis (Tanpa Modal Sepeserpun)

Bisabusiness.id – Modal memang menjadi salah satu hal utama yang ditakuti banyak pengusaha. Tapi tahukah Anda, ternyata ada tips dan cara khusus memulai bisnis tanpa modal.

Membangun bisnis tidak selalu menghabiskan semua tabungan dan aset Anda. Meski memiliki modal yang sangat kecil, masih ada ide bisnis lain yang bisa Anda coba.

Apalagi di era digital sekarang ini, banyak sekali fitur dan layanan gratis yang bisa Anda manfaatkan, salah satunya adalah social media marketing.

Contents

Bagaimana memulai bisnis tanpa modal?

Jadi Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri tetapi memiliki sedikit atau tidak ada uang untuk diinvestasikan?

Tenang, Anda bisa melakukannya dari sepuluh cara Bisabisnis berikut ini:

1. Gunakan apa yang sudah Anda miliki

Mulailah dengan apapun yang Anda miliki, seperti pengalaman, pengetahuan/wawasan, bidang yang Anda kuasai, bakat dan keterampilan, aset yang ada (misalnya ponsel, laptop, internet) dan sebagainya.

2. Pikirkan ide bisnis

Setelah Anda mengetahui keahlian, pengalaman dan pemahaman Anda, pikirkan bisnis apa yang cocok dengan semua modal yang Anda miliki.

Misalnya, jika Anda suka menulis dan Anda sudah memiliki laptop dan WiFi di rumah, membuka layanan menulis mungkin merupakan ide yang bagus.

Atau, jika Anda menyukai anak-anak dan senang mengajar mereka, menjadi pengajar ke rumah juga dapat dipertimbangkan.

3. Lihatlah ke sekeliling

Modal yang Anda miliki dan ide bisnis perlu dipadukan dengan orang-orang yang Anda kenal untuk memiliki kekuatan yang lebih nyata.

Periksa kontak ponsel Anda dan temukan beberapa orang yang memiliki hubungan baik dan dekat dengan Anda dan pertimbangkan untuk menciptakan pasar baru melalui kemitraan.

4. Investasikan sesuatu

Jika Anda memulai bisnis yang berfokus pada keuntungan dan usaha, ada perbedaan besar dalam pola pikir Anda.

Jika Anda ingin berinvestasi hanya ketika Anda berpikir Anda dapat menghasilkan keuntungan, fokuslah hanya pada bisnis yang selalu Anda impikan, bukan pada peluang di pasar.

Jadi apa yang Anda investasikan harus menjadi sesuatu yang Anda mampu untuk tinggalkan.

Ini membuat Anda lebih fleksibel dan tidak stres jika bisnis Anda tidak berjalan semulus yang Anda harapkan atau gagal.

5. Jangan berhenti

Saat Anda membangun dan mengembangkan bisnis Anda, pertahankan pekerjaan Anda saat ini terlebih dahulu.

Simpan penghasilan bulanan Anda untuk mendanai bisnis Anda. Setelah bisnis Anda cukup stabil dan telah mencapai perubahan yang diinginkan, Anda dapat melepaskannya.

6. Pengujian

Trial and error adalah hal biasa dalam dunia bisnis. Produk yang tampaknya sempurna dibuat tidak hanya dalam 24 jam, tetapi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Begitu juga dengan bisnis yang kelihatannya kewalahan oleh pelanggan, produknya pasti tidak.

Pengujian sebanyak mungkin adalah proses yang harus dilakukan, terutama jika Anda seorang pengusaha pemula.

Jika Anda hanya puas dengan satu produk dan tidak tertarik untuk mengembangkan atau membuat produk baru, pembeli akan bosan dan mungkin langsung beralih langganan.

7. Jangan mudah jatuh

Sekalipun eksperimen Anda gagal atau tidak mendapatkan respons yang baik dari pelanggan, jangan mudah menyerah.

Anda harus tahu bahwa jalan orang sukses yang Anda lihat hari ini tidak begitu mudah.

Mereka memiliki jalan yang panjang, berliku dan terjal di depan mereka. Padahal, setiap bisnis sukses yang Anda lihat saat ini pernah mengalami puluhan bahkan ratusan kegagalan sebelumnya.

Karena itu, jika Anda belajar memulai bisnis tanpa modal dan memutuskan untuk menjadi wirausahawan, Anda harus siap menerima kegagalan.

Jadikan kegagalan sebagai pelajaran berharga, bukan kegagalan dan akhirnya gulung tikar.

8. Beri waktu, tenaga dan otak

Jika Anda memulai bisnis tanpa modal, Anda harus siap mengalokasikan waktu, pikiran, dan tenaga. Jika tidak, bisnis Anda akan gulung tikar dalam beberapa bulan.

Anda harus melakukan tugas pertemuan pelanggan serta proses produksi dan pengiriman yang dapat dilakukan sendiri oleh karyawan.

Terkadang Anda harus rela berkeliling membagikan brosur untuk menarik pelanggan. Pada awalnya, semua ini akan sangat melelahkan.

Namun mereka percaya bahwa situasi ini tidak akan bertahan selamanya, karena roda selalu berputar.

9. Promosi dan pemasaran

Saat ini, proses promosi tidak selalu harus menggunakan uang seperti di tahun 90-an. Tidak perlu memasang spanduk besar atau iklan di TV dan radio.

Anda dapat melakukan promosi gratis seperti dari mulut ke mulut, memposting bisnis Anda di media sosial, menjual produk ke tetangga, teman dan kerabat, atau menjual di situs web pihak ketiga.

10. Identifikasi risiko

Untuk melakukan ini, Anda dapat mencari informasi dan sumber daya yang terkait dengan bisnis Anda dari internet, buku, atau bertanya kepada orang yang telah menjalankan bisnis.

Anda juga dapat memperhatikan pesaing Anda. Cari tahu bagaimana pesaing Anda memecahkan masalah, menangani pelanggan yang sibuk, atau memberikan solusi saat pelanggan mengeluh.

Baca juga: Tips: Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Cara memulai bisnis tanpa modal sangat sulit dan mudah bagi pemula. Namun, jika Anda telah merumuskan ide, taktik, dan rencana bisnis dengan cermat seperti yang dijelaskan di atas, Anda masih memiliki potensi untuk sukses.

Informasi Seputar Pengetahuan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *