Pengertian,Fungsi,Tujuan,Ciri-Ciri,Struktur Proposal.

Struktur proposal – Sudah menjadi keharusan mutlak bahwa struktur kalimat digunakan sebelum seorang penulis atau peneliti mempresentasikan proposal penelitian, baik proposal tersebut untuk tujuan penelitian, kegiatan pendidikan, pekerjaan atau bisnis. Struktur proposal juga dapat membantu menyusun proposal dengan lebih baik dan benar.

Proposal sendiri biasanya digunakan ketika mengajukan permohonan untuk menyepakati kerjasama dengan pihak lain, misalnya terkait dengan pelaksanaan kegiatan, permintaan dana, dukungan sponsorship dan lain-lain.

Juga, satu jenis struktur proposal penelitian memiliki landasan yang sangat berbeda. Proposal penelitian khusus sendiri biasanya digunakan untuk kegiatan penelitian. Hal ini dikarenakan penulis atau peneliti harus terlebih dahulu mengajukan proposal sebelum melakukan penelitian. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas dengan mendalam tentang proposal, yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Contents

Pengertian Proposal

Kata proposal berasal dari bahasa Inggris proposal yang berarti pengajuan atau pengajuan atau permintaan. Suatu pihak menawarkan untuk mengajukan ide, gagasan, atau rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan.

Proposal adalah suatu rencana yang dituangkan dalam bentuk rencana aksi secara tertulis dan disistematisasikan serta dijelaskan secara rinci. Proposal biasanya digunakan sebagai pedoman kerja atau acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan.

Saat ini, penyusunan proposal bisnis dapat digunakan sebagai komunikasi. Bagi pengusaha, penting untuk menjelaskan profil bisnis atau bisnis baru yang perlu dijelaskan, dimulai dengan proyek yang perlu dilakukan yaitu pemasaran, penelitian dan pengembangan, manajemen risiko bisnis, masalah keuangan dan perencanaan waktu. Uraian setiap aspek sangat penting untuk memberikan gambaran yang jelas tentang bisnis/produk yang akan ditawarkan, dimana penawaran tersebut akan diterima dan bagaimana pengusaha dapat mengimplementasikan penawaran bisnis tersebut.

Fungsi Proposal

  • Melakukan penelitian yang berkaitan dengan agama, masyarakat, budaya, ekonomi, dll.
  • Dapat digunakan oleh organisasi bisnis.
  • Bisa dipakai untuk mengajukan tender dari berbagai institusi.
  • Dapat digunakan untuk Kegiatan tertentu, seperti hari raya, pelatihan, kompetisi, seminar.
  • Anda dapat mengajukan dana ke lembaga untuk bantuan dalam melakukan suatu Kegiatan atau pembangunan daerah.

Tujuan Proposal

  • Untuk menerima bantuan keuangan
  • Mendapatkan izin Kegiatan
  • Memperoleh dukungan
  • Mendapatkan sponsor
  • Secara tidak langsung menjelaskan kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui tentang kegiatan ini.
  • Menjadi rencana yang menjadi pedoman Panitia dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
  • Meyakinkan donatur atau sponsor untuk memberikan dukungan material dan finansial dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan.
  • Dapatkan disetujui.
  • Sebagai panduan.

Ciri – Ciri Proposal

  • Proposal dibuat untuk menggeneralisasi tindakan yang akan diambil.
  • Sebagai notifikasi pertama aktivitas.
  • Berisi tujuan, latar belakang Kegiatan.
  • Tentu saja, tawaran itu dihadirkan dalam bentuk lembaran-lembaran pesan yang disisipkan yang akan diserahkan kepada pemilik Kegiatan.

Struktur Proposal

Sampul

Proposal Kegiatan harus memiliki sampul dengan logo Kegiatan atau dapat menyertakan logo organisasi. Judul kegiatan yang akan dilakukan ditunjukkan pada sampul. di bagian bawah tertulis instansi yang melakukan kegiatan tersebut.

Latar Belakang

Latar berisi beberapa hal yang melatarbelakangi keinginan/motivasi untuk melakukan kegiatan yang dimaksud.

Nama Kegiatan

Salah satu nama Kegiatan yang diusulkan. Disajikan secara menarik untuk dipublikasikan.

Tema

Tema Kegiatan ditulis sesuai dengan topik yang disepakati bersama dengan forum yang telah tersedia sebelumnya.

Tujuan

Target dilaksanakannya kegiatan tersebut dan mecakup alasan kegiatan ini.

Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan atau acara yang akan dilakukan. Semua pola kegiatan harus dicatat karena instansi akan melihat jumlah kegiatan yang dijadwalkan. Setiap tindakan harus memiliki maksud dan tujuan yang jelas.

Sarana Promosi

Alat promosi adalah manfaat dari sponsor. Sarana periklanan dirasakan pada spanduk, pakaian, brosur, brosur iklan, spanduk, audio dan menghitung persentase sponsor. Persentase yang disumbangkan oleh sponsor menentukan ukuran logo sponsor.

Etimasi Anggaran

Perkiraan anggaran adalah jumlah total alokasi dana yang akan digunakan. ditulis secara rinci dengan harga. Mulai dari perlengkapan, administrasi, konsumsi, piala, poster, panggung, sound dan lainnya. Evaluasi anggaran merupakan hal yang penting, karena hal utama yang diperiksa oleh instansi adalah anggaran.

Penutup

Penutup adalah ucapan terima kasih dan permintaan maaf kepada agensi. Tanda tangan dan pencetakan harus tersedia karena validitas penawaran tersedia untuk tanda tangan dan pencetakan.

Susunan Kepanitiaan

Komposisi kepanitiaan harus tersedia karena sponsor dapat menggunakan sarana pakaian sehingga menggunakan perhitungan struktur kepanitiaan.

Demikianlah penjelasan tentang proposal semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan anda. Terima Kasih.

Baca Juga: 11 Aplikasi Nonton Bola Paling Rekomend.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *